Sosok Puti Guntur, cucu Bung Karno pendamping Gus Ipul di Jatim

Selasa, 20 Maret 2018

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya menunjuk Puti Guntur Soekarno menjadi bakal calon wakil gubernur Jawa Timur. Puti akan disandingkan dengan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Nama Puti muncul di menit-menit akhir. Pendamping Gus Ipul harus diutak atik setelah Azwar Anas memutuskan mengembalikan mandat sebagai calon wakil gubernur Jatim ke PDIP.

Puti merupakan cucu Presiden pertama Soekarno. Ayahnya Guntur Soekarnoputra. Sejak 2009, Puti duduk sebagai anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Perempuan bernama lengkap Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarnoputri, maju dari Dapil X Jawa Barat meliputi Ciamis, Kuningan dan Kota Banjar. Dia merupakan lulus dari FISIP Universitas Indonesia tahun 1994.

Setelah lulus Puti tidak langsung terjun ke panggung politik. Dia aktif di berbagai kegiatan sosial kemanusiaan. Puti juga sempat menjadi relawan budaya melalui Kelompok Swara Mahardhikka. Wanita kelahiran 26 Juni 1971 tersebut menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Fatmawati dan Ketua Yayasan Wildan.

Puti menilai berpolitik harus punya prinsip. Prinsip politiknya adalah ideologi dari Bung Karno untuk memperjuangkan masyarakat kecil yaitu sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi dan Ketuhanan Yang Maha Esa. Demikian dilansir dari putiguntursoekarno.org.

Ketua Bappilu PDIP Bambang Dwi Hartono membenarkan bahwa PDIP telah memberikan SK rekomendasi kepada pasangan pasangan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dengan Puti Guntur Soekarno. Pengambilan SK dilakukan di Kantor PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Iya, iya tapi nantilah," ujar Bambang ketika ditemui di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (10/1).

Sosok Puti Guntur Soekarno Putri

Nama Lengkap : Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri
Alias : Puti | Puti Guntur Soekarno | Puti Paramathana
Profesi : Politisi
Agama : Islam
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : Sabtu, 26 Juni 1971
Ayah : Guntur Soekarno Putra
Ibu : Henny Guntur
Anak : Rakyan Ratri Syandriasari Kameron, Rakyan Daanu Syahandra Kameron


1 komentar:

  1. moga sukses mbak puti jd wakil gubernur jatim

    merdeka!

    BalasHapus

 
Copyright © 2018 Sedulur Ngopi- All Rights Reserved
Distributed By My Blogger Themes | Design By Herdiansyah Hamzah